Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u802856266/domains/pracetak.com/public_html/wp-content/plugins/vamtam-elements-b/modules/vamtam-blog/vamtam-blog.php on line 48
Cetakan U Ditch dan Proses Pembuatannya

Pembuatan cetakan U Ditch diperlukan sebuah persiapan bahan material baja atau besi untuk mouding, dan pembuatan rangkaian baja tulangan, pembengkokan baja dan superplasticizer. Selain itu, memerlukan persiapan pencetakan U Ditch.

U ditch merupakan produk material yang berasal dari beton dengan fungsi sebagai bahan yang digunakan untuk menutup saluran atau pengaliran drainase. Penggunaannya sangat praktis. Selain itu, cetakan U ditch diproses hingga pemasangan membutuhkan waktu singkat dan mempercepat pekrjaan di lapangan.

Baca juga:

Struktur Beton Bertulang

Persiapan Bahan Cetakan U Ditch

Proses pembuatan campuran beton cetakan U Ditch dilakukan dengan cara penimbangan bahan material dan proses pencampuran dengan menggunakan mesin concrete mixer berkapasitas 0,1 m3. Bahan material yang digunakan berupa agregat, air, semen dan superplasticizer. Sedangkan proses mixer dilakukan dengan mencampurkan bahan material dan dibagi menjadi dua kali pencampuran.

Baca juga

Harga U Ditch

Pembuatan U Ditch memerlukan cetakan yang sesuai dengan kebutuhan saluran drainase yang akan diaplikasikan. Terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan dalam membuat cetakan U Ditch terutama bahan yang digunakan. Berikut penggunaan bahan dalam proses pembuatan dan material yang dibutuhkan

Material Cetakan

  1. Semen
    Penggunaan semen untuk pembuatan cover U Ditch yaitu, semen portland komposit atau PCC sesuai standar SNI 15-7064-2004. Kelebihan penggunaan semen ini karena memiliki panas hidrasi lebih rendah. Hal ini membuat pengerjaan menjadi mudah dan permukaan beton lebih rapat serta halus.
  2. Agregat
    Penggunaan agregat pada cetakan U Ditch yaitu agregat kasar dan halus. Agregat yang digunakan harus lolos saringan berukuran 12,5 mm. Selain itu, juga menggunakan agregat halus berupa debu batuan yang memiliki nilai standar SNI 03-2461-1991.
    Proses penyaringan dan pencucian untuk agregat yang siap digunakan berkisar 20 menit. Hal tersebut dilakukan agar lumpur pada agregat dapat dihilangkan secara tuntas.
  3. Air
    Penggunaan air dimanfaatkan untuk mencampurkan beton sehingga harus bersih dari bahan material maupun perusak. Beberapa bahan perusak seperti, asam alkali, bahan organik, minyak dan lain sebagainya yang mampu merusak beton maupun baja.
  4. Baja Tulangan/ Pertulangan
    Penggunaan tulangan untuk pembuatan cetakan U Ditch terdiri dari tulangan polos dengan ukuran diameter mencapai 8 mm. Selain itu, menggunakan tulangan ulir yang memiliki ukuran diameter mencapai 10 mm.
    Proses potong baja tulangan menggunakan gurinda. Baja tulangan yang akan digunakan dilakukan pemotongan dengan panjang berkisar 164 cm berjumlah 6 buah. Sedangkan, baja tulangan dipotong dengan panjang 8 mm berjumlah 9 buah. Kesuruhan pemotongan untuk satu U Ditch memerlukan waktu berkisar 7 menit.
  5. Pembengkokan Baja
    Tata cara membengkokan baja dapat dilakukan dengan cara manual memakai kunci pembengkok baja. Jenis tulangan yang akan dibengkokan yaitu, tulangan ulir dengan ukuran diameter mencapai 10 mm. Tulangan yang akan digunakan ditempatkan pada bantalan pembengkok dengan kelengkapan pen penahan.
  6. Superplasticizer
    Penambahan ini digunakan untuk membuat material U ditch semakin sempurna. Hasilnya berupa beton kuat dan juga memiliki mutu yang diinginkan untuk pembuatan U ditch.
Proses Produksi U Ditch

Moulding Beton Pracetak

Moulding Beton Pracetak terbuat dari besi biasa digunakan untuk memproduksi balok, kolom, plat, dan dinding. Sedangkan cetakan yang berbahan kayu dapat disesuaikan dan digunakan untuk memproduksi komponen beton pracetak dalam jumlah yang kecil. Akan tetapi kadangkala penggunaan cetakan kayu tidak lebih murah dibandingkan dengan penggunaan cetakan besi.

Baca juga:

Harga Box Culvert

Persiapan Bekisting Cetakan U Ditch

Pembuatan U Ditch dapat dilakukan perencanaan dengan memanfaatkan sistem mould yang dibuat berasal dari plat baja. Keunggulan dari memilih baja dalam cetakan U Ditch yaitu, penggunaan dapat berulang kali hingga pengerjaan selesai, awet dan tahan dalam waktu lama.

Tahapan persiapan bekisting dilakukan dengan pembersihan debu dan material lain terlebih dahulu. Perlakukan khusus pada U Ditch tipe corrugate dilakukan penambahan lapisan mirror glaze diantara bekisting dengan corrugate kayu.

Hal ini dilakukan untuk menutup celah sempit yang mungkin diterobos oleh beton segar selama pengecoran. Celah tersebut dapat menyebabkan kerusakan bentuk corrugate.

Setelah itu, bekisting dapat dilakukan pelapisan oli memakai kuas. Lalu, tulangan dapat ditempatkan pada beksiting serta dilakukan pemasangan plastic wheel spacer. Penggunaannya untuk menggantikan beton decking agar dapat menghasilkan ketebalan mencapai 20 mm.

Tiap sisi bekisting dapat dilakukan perapatan menggunakan baut mur. Pemasangan dilakukan dengan memanfaatkan kunci inggris. Selalu, pastikan tidak ada celah sempit agar beton yang dicor tidak keluar saat pemadatan maupun pengecoran.

Efektivitas waktu yang diperlukan dalam proses persiapan cetakan U Ditch berkisar 20 menit. Untuk U ditch sendiri merupakan beton pracetak yang digunakan untuk pembuatan saluran air yang banyak diterapkan di berbagai tempat, termasuk di perkotaan.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mengingat ada banyak manfaat yang akan didapatkan dari beton tersebut, seperti lebih praktis, cepat pemasangan serta hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Untuk melakukan order produk yang kami sediakan, sila menghubungi salah satu kontak marketing kami di bawah ini